Minggu

Dekorasi Ruangan Konsep Fleksibel

Dipimpin oleh arsitek Tsuyoshi Shindo, para arsitek Be Fun Design yang berbasis di Jepang ini baru saja menyelesaikan empat struktur hunian bernama "Rumah Spiral" di kota Matsuyama. Setiap modul ruangan diatur dengan tata letak sama di keempat lantai yang dihubungkan dengan tangga spiral pada bagian depan unit. Faset depan hunian terdiri dari jendela besar di tiga tingkat teratas, sementara eksteriornya dipercantik dengan model pintu geser. Elevasi transparan mengungkap elemen sirkulasi yang satu karakteristik dengan kondisi ruang mungil dari setiap apartemen. Pagar Minimalis

Shindo mengatur tata letak yang menempatkan dapur dan ruang makan di permukaan tanah, sementara kamar tidur di bagian atas. Lantai kedua berisi kamar mandi untuk tiap-tiap tempat tinggal, sementara bagian atas terbuka untuk ruang hidup yang fleksibel dan memiliki jendela besar menghadap selatan. Permainan paletnya sangat cantik, meliputi permukaan yang dilengkapi lantai pinus.

Gambar Teras Rumah Minimalis - Dalam mendekorasi rumah, salah satu elemen yang mudah dan relatif fleksibel digunakan adalah penggunaan bahan kain. Jamaknya, permainan kain digunakan pada tirai, bahan penutup bantal, taplak meja, atau penutup sofa. Namun, bila Anda ingin mencari alternatif penggunaan kain, terutama kain tradisional, dalam dekorasi, ada beberapa cara yang bisa dicoba.

"Kain Indonesia biasanya digunakan sebagai pakaian. Namun, sebenarnya bisa digunakan pula pada desain interior supaya bisa dikagumi lebih lagi," kata desainer interior Hendramianto Syamsulhadi, beberapa waktu lalu. Desainer interior yang akrab disapa Sammy ini berbagi beberapa tips alternatif dalam penggunaan kain dalam mendekorasi rumah. Dalam pameran yang ia gelar bersama sebelas desainer lain yang tergabung dalam ID12 di Senayan City dari tanggal 15-24 Agustus 2014, ia menunjukkan maksudnya. Desain Pagar Rumah Minimalis

Memanfaatkan kain tenun dari Halaban, Sumatera Barat, Sammy membuat pajangan dinding sebagai titik fokus pada ruangan yang didesainnya (lihat foto 1). Sammy menggunakan kain tenun berukuran 160 cm yang dibungkus bingkai serta ditambahkan busa di bagian belakang, sebagai pajangan yang menjadi titik fokus ruangan. Ia menyebutnya padded wall.

Padded wall yang ditunjukkan Sammy bisa digunakan di ruangan-ruangan untuk menjamu tamu, seperti ruang tamu, ruang makan, atau ruang keluarga. Ukuran kain yang digunakan bisa disesuaikan dengan luas ruangan. Untuk yang ditunjukkan oleh Sammy, karena bahannya dibuat khusus dan langka, tepat dijadikan titik fokus. Selaraskan kain yang digunakan dengan warna furnitur dan dekorasi ruangan setempat.

Alternatif lain yang bisa digunakan adalah menggunakan kain sebagai bagian pajangan di lemari kaca. Sammy menunjukkan hal ini dengan menggunakan kain tenun yang membalut kotak (lihat foto). Asalkan kecantikan kain bisa terpampang, maka bisa digunakan sebagai bagian dari pajangan di lemari kaca. Tips ini bisa memberi kesegaran dan keunikan ruangan bila warnanya diselaraskan dengan furnitur sekitarnya. Teras Rumah Minimalis

Kain juga bisa digunakan sebagai pajangan dalam bingkai kaca. Pastikan ukuran bingkainya tepat. Sesekali bersihkan dari debu yang mungkin menempel agar warna kain tetap indah.

Alternatif-alternatif ini bisa digunakan untuk beragam jenis kain yang Anda anggap menarik untuk ditampilkan dan sayang bila mengendap di lemari. Namun, pastikan untuk menjauhkan dari sinar matahari langsung guna menjaga warnanya tetap baik. Hindari pula area lembap. Sewaktu-waktu, bersihkan dari debu dengan cara pembersihan semestinya. Perhatikan pula kerentanan kain. Disarankan untuk memajang kain yang cukup tebal dan tidak ringkih agar bisa tahan lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.